Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7, Kameranya 48 Megapixel?

Xiaomi Redmi Note 7 atau mungkin sekarang kita sudah harus menyebut Redmi Note 7 saja, karena Redmi sudah tidak menggunakan brand Xiaomi lagi untuk versi selanjutnya. Kembali ke topik utama, Redmi Note 7 punya banyak sekali kelebihan dan kekurangan yang bisa dibahas, dari mulai kontroversi mengenai kamera 48 Megapixel nya hingga build-quality yang bagus.

Redmi Note 7 sering dibilang pesaing paling kuat dari Samsung Galaxy M20, bukan dari fitur tapi dari brand yang sama-sama punya fanbase yang besar di Indonesia. Samsung Galaxy M20 mungkin belum bisa dikatakan Redmi Note 7 killer, karena fitur dan build-quality nya sendiri belum bisa mengalahkan beberapa fitur dari Redmi Note 7 ini.

Kalau Samsung Galaxy M20 memiliki bentuk yang masih biasa, Redmi Note 7 sudah menggunakan kaca Corning Gorila Glass di bagian belakangnya. Dari performanya juga Samsung Galaxy M20 masih belum bisa mengalahkan si Redmi Note 7, walaupun si Samsung Galaxy M20 sudah menggunakan Chipset Exynos 7904.
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7, Kameranya 48 Megapixel?
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7
Kita kembali ke Redmi Note 7, dari judulnya pasti kalian sudah tahu kalau Redmi Note 7 memiliki kamera dengan Megapixel yang besar, tapi yang jadi pertanyaan adalah kualitasnya. Kamera 48 Megapixel yang di miliki oleh Redmi Note 7 sendiri sebenarnya bukan juga kamera utamanya, untuk mengaktifkan kamera 48 MP kita harus mengaktifkan mode PRO dari kameranya.

Dual kamera belakang dari Redmi Note 7 yang standar masih menggunakan 12 MP, dengan kamera kedua 5 MP. Jika membandingkan hasil kualitas kamera 12 MP dengan 48 MP, hasilnya masih sama. Yang membedakan adalah warna hasil foto dari kamera 48 MP nya yang lebih gelap sedikit.

Kamera Redmi Note 7 memang menjadi kontroversi yang paling sering dibahas di kalangan peminat dan pakar gadget, apalagi resolusi kamera 48 MP nya yang bisa mengalahkan hp-hp Flagship sekelas Huawei, Iphone, dan Samsung. Yang membingungkan adalah Redmi Note 7 masih menggunakan chipset Snapdragon 660 tapi bisa dimasukan kamera dengan resolusi sebesar 48 MP, padahal ukuran maksimal resolusi kamera Snapdragon 660 adalah 25 MP.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Samsung Galaxy M20

Walaupun punya kontroversi yang besar di bagian kamera belakangnya, tetapi kamera Redmi Note 7 masih bisa di bilang bagus. Kamera dari versi Redmi memang yang terbaik dari dulu, walaupun sampai di Redmi Note 7 tidak ada perubahan yang signifikan dari segi kameranya, untuk pengambilan foto low light juga masih bisa di bilang bagus.
Kelemahan dan Kelebihan Xiaomi Redmi Note 7, Ponsel yang Mengunggulkan Kamera 48 Megapiksel
Tampilan belakang Xiaomi Redmi Note 7
Untuk kamera depannya sendiri, Redmi Note 7 menggunakan resolusi 13 MP. Jadi dari kamera Redmi note 7 yang memiliki resolusi 48 MP belum bisa dikatakan sebuah kekurangan karena hasil foto yang di dapat tidak bisa di bilang buruk.

Dari kamera kita langsung ke layar dari Redmi Note 7, di bagian notch dari Redmi Note 7 bisa di bilang sangat bagus karena hanya menggunakan ukuran notch yang kecil berbentuk setengah lingkaran, jadi pengelihatan di layar juga lebih maksimal. Layar Redmi Note 7 juga sudah Full HD+, apalagi dipadukan dengan notchnya yang kecil membuat kita bisa merasakan sensasi melihat atapun menonton video dengan layar full display.

Lapisan kaca dari layar Redmi Note 7 juga sudah menggunakan Corning Gorila Glass 5 yang bisa di bilang jenis lapisan kaca smartphone yang terbaik pada saat ini, apalagi berada pada hp 3 jutaan. Tidak hanya itu lapisan kaca Corning Gorila Glass 5 juga melapisi body bagian belakang dari si Redmi ini, yang pasti membuat perasaan mahal saat kita menggenggamnya, ini juga menjadi kelebihan Redmi Note 7 dibandingkan hp 3 jutaan yang lainnya yang rata-rata menggunakan bahan polycarbonate di bagian bodynya.

Chipset yang di gunakan pada Redmi Note 7 adalah Snapdragon 660, memang masih wajar saja karena harga dari Redmi Note 7 masih di kisaran 3 jutaan. Untuk pemakaian aplikasi-aplikasi standar masih lancar-lancar saja, dan juga pemakaian game-game berat seperti PUBG Mobile, masih bisa di jalankan pada settingan Medium. Skor Antutu nya sendiri bisa sampai 144ribu, angka yang cukup lumayan bagi hp seharga 3 jutaan, kelebihan ini memang wajar mengingat banyaknya fitur yang ada di Redmi Note 7 ini.

Kapasitas baterai dari Redmi Note 7 sebesar 4000 mAh, sebenarnya masih sama seperti versi-versi sebelumnya. Kalaupun di bandingkan dengan hp 3 jutaan yang lain, mungkin ini bisa jadi kelebihan karena rata-rata hp 3 jutaan masih menggunakan kapasitas baterai di bawah 4000 mAh.

Sebelum saya memberikan daftar kelebihan dan kekurangan dari Redmi Note 7, saya akan memberikan spesifikasi singkat mengenai Redmi Note 7 ini, supaya kalian juga bisa melihat kekurangan dan kelebihan dari penjelasan yang saya buat tadi.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7


Chipset Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
Memory microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
64 GB, 4/6 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
Kamera belakang 48 MP, f/1.8, 1/2", 0.8┬Ám, PDAF
5 MP, f/2.4, depth sensor
Dual-LED flash, HDR, panorama
1080p@30/60/120fps, (gyro-EIS)
Kamera depan 13 MP
HDR
1080p@30fps
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Fast battery charging 9V/2A 18W (Quick Charge 4)
OS Android 9.0 (Pie); MIUI 10

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 7

  1. Walaupun memiliki ukuran resolusi kamera 48 MP, Redmi Note 7 masih belum bisa mengalahkan hasil foto dari kamera hp flagship, tapi yang jadi kelebihan adalah Redmi Note 7 masih bisa mempertahankan kualitas hasil fotonya yang bagus di hp 3 jutaan.
  2. Notchnya yang kecil membuat Redmi Note 7 memiliki keunikan tersendiri di banding hp 3 jutaan yang lain, walaupun tidak menutup kemungkinan ada hp 3 jutaan yang tidak menggunakan notch lagi.
  3. Lapisan layar Redmi Note 7 sudah menggunakan Corning Gorila Glass 5, sehingga membuat proteksi terhadap layar juga lebih bagus.
  4. Dari segi desain Redmi Note 7 juga tidak kalah menariknya, karena bodynya sudah dilapisi kaca Corning Gorila Glass 5, sehingga membuat Redmi Note 7 ini semakin mahal pada saat di genggam.
  5. Tidak mau kalah dengan Samsung Galaxy M20, Redmi Note 7 juga sudah menggunakan PORT USB Type C, hal ini akan membuat kita lebih mudah pada saat proses mengecas karena PORT nya tidak akan bermasalah walaupun kita pakai terbalik.
  6. Fast charging sampai 18 Watt, kecepatan mengecasnya mungkin akan membuat kita menjadi lebih penasaran dengan Redmi Note 7 ini, hal ini juga akan membuat pengalaman kita selama menggunakan Redmi Note 7 juga lebih asik.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 7

  1. Angka 48 MP di kameranya yang tidak terlalu berpengaruh di hasil fotonya membuat saya menaruhnya di menu kekurangan Redmi Note 7 ini. Walaupun hasil fotonya masih bagus, tapi akan lebih baik lagi kalau Redmi memberikan info yang jelas bagaimana hasil foto kamera 12 MP nya masih sama seperti hasil foto kamera 48 MP nya.
  2. Hasil foto yang belum di upgrade oleh Redmi membuat saya menaruhnya di bagian kekurangan dari Redmi Note 7 ini. Di Redmi Note 7 sudah banyak sekali fitur yang di upgrade, seharusnya Redmi juga menaikan kualitas hasil foto dari kamera Redmi Note 7, bukan hanya menambah angka Megapixel yang ada di Redmi Note 7.


Kesimpulan

Walaupun memiliki kontroversi yang besar di resolusi kameranya yang mencapai 48 MP, tetapi Redmi Note 7 masih bisa mempertahankan kualitas kameranya yang masih bagus. Redmi Note 7 juga sudah membuktikan bahwa desain hp 3 jutaan sudah bisa menyamai hp-hp flagship.

Redmi Note 7 bisa di bilang hp yang paling rekomended untuk dibeli pada awal tahun 2019, apalagi Redmi Note 7 sudah hampir bagus di segala sisinya. Jika kalian kurang bisa menerima pendapat saya mengenai kelebihan dan kekurangan dari Redmi Note 7 tidak apa-apa karena pendapat setiap orang pasti berbeda.

Demikian penjelasan dari saya mengenai kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 7. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silahkan masukan kedalam kolom komentar. Untuk artikel lainnya mengenai smartphone, silahkan tetap kunjungi Pemudaindo. Jika kalian memiliki permintaan mengenai artikel apa yang harus saya bahas, silahkan masukan juga ke dalam kolom komentar.